Posted on Februari 7, 2010 by Wahyu Budi Utomo

Makanan Untuk Detoksifikasi

Cara paling sederhana dan lembut untuk detoksifikasi adalah dengan diet kaya makanan detoxifying. Berikut, makanan untuk detoksifikasi menurut pengobatan tradisional Cina.

Buah – buahan dan kacang – kacangan (nut) :

Apel, apricot, kacang mete, kelapa, fig, grapefruit, buah pisang matang, jeruk, kesemak, kacang tanah, ptune, walnut, semangka.

Sayuran mayur :
Kacang adzuki, brokoli, kol, seledri, jagung, mentimun, terung, buncis, kacang merah, lentil, lobak, lettuce, kentang, jamur shiitake, bayam, ubi jalar, tomat, selada air, zucchini dan labu lainnya.

Protein  : Ikan, tempe, tahu

Padi – padian dan biji – bijian  : Barley, biji wijen, nasi beras cokelat, havernut, biji bunga matahari, wild rice, beras merah dan oats.

Untuk terapi jus bagi yang ingin cleansing colon (membersihkan usus dari toksin-toksin) bisa dengan mengkombinasikan buah apel hijau + nanas + pepaya. Di jus..minum setiap pagi selama 3-7 hari disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing.

Selama terapi cleansing colon dengan jus sebaiknya makanan-makanan yang mengandung lemak tinggi dihindari.

Perlu diketahui, terapi jus tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Hal ini karena berhubungan dengan kondisi tubuh yang berbeda-beda.

Untuk tubuh yang bersifat panas (ciri-cirinya : lidah berwarna merah, orangnya aktif..) Insya Allah itu cocok untuk terapi jus.

Akan tetapi untuk orang yang tipe dingin (ciri-cirinya : lidah berwarna pucat, kaki dingin, senangnya minum air hangat dan takut air..:-)…artinya malas mandi dengan air dingin, sukanya dengan air hangat..) nah..itu kurang bagus jika di terapi jus. Bahkan tidak dianjurkan..karena akan mnyebabkan tubuh menjadi lebih dingin yang akhirnya akan tambah lemes.

Macam – macam Madu, susu, minyak wijen, kecap, basil manis

Makanan yang harus dihindari daging sapi, daun ketumbar, kopi, daging olahan, makanan digoreng dan makanan berlemak, makanan olahan atau makanan asin.

Paling tidak… boleh makan jika sesekali “ingin” akan tetapi tidak boleh terlalu banyak dan sering.
Hal ini akan menimbulkan kerja organ pencernaan menjadi berat..lambat..yang akhirnya akan menimbun racun dalam usus sehingga kotoran tersebut jika tidak keluar akan terserap kembali ke dalam darah dan dapat menimbulkan penyakit.

http://spiritofacupuncture.wordpress.com/2010/02/07/makanan-untuk-detoksifikasi/ dengan ada penambahan.

About these ads