Meridian adalah jalur atau tempat mengalirnya Chi dan darah dan merupakan titik-titik akupresur/ akupunktur.

Meridian berbeda dengan saluran darah dan jaringan saraf. Sistem meridian menyatukan seluruh bagian tubuh, hal utamanya untuk menjaga agar tercapai keseimbangan yang harmonis.

Pengobatan Cina memandang meridian sebagai suatu jaringan yang  menghubungkan eksterior dan interior (organ bagian dalam dengan permukaan tubuh), jaringan dengan jiwa. Alasan inilah yang mendasari teori akupunktur. Titik-titik pada permukaan tubuh akan memberi dampak dalam tubuh, karena dampak itu akan mengalir melalui meridian.

Menurut naskah kuno disebutkan ada 365 titik akupunktur di dalam tubuh. Terdiri atas 12 meridian umum dan dikendalikan oleh 66 titik utama, dimana 66 titik utama ini diatur oleh 8 titik pusat. Dan 2 meridian istimewa, yaitu meridian organ reproduksi (Conception Vessel/Cv) dan organ reproduksi (Gouvernor vessel/Gv).

8 titik pusat ini dapat dipergunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit bahkan sampai 243 macam penyakit. Pemahaman akan 8 titik kunci utama ini adalah untuk memahami pengobatan Cina.

Meridian merupakan satu sistem jalur energi yang terangkai. Sepanjang sumbu panjang tubuh dengan pengecualian pembuluh Luo (penghubung antar meridian) dan Dai Nai.

Ada 12 pembuluh luar biasa yang melingkari pinggang dan ada 2 pembuluh biasa. Ada 12 meridian yang dinamakan sesuai dengan nama organ Chang Fu (organ padat dan organ berongga).

Meridian organ adalah jalur utama energi yang menghubungkan organ tertentu dengan organ lain dan permukaan tubuh. Setiap  meridian Yin mempunyai padanan pada meridian

12 Meridian Umum dan 2 Meridian Istimewa :

No. Organ Internasional Kode Jumlah Titik
1 Paru-paru Lung LU 11
2 Usus Besar Large Intestine LI 20
3 Lambung Stomach ST 45
4 Limpa Spleen SP 21
5 Jantung Heart HT 9
6 Usus Kecil Small Intestine SI 19
7 Kand. Kemih Bladder BL 67
8 Ginjal Kidney KI 27
9 Selaput Jantung Pericardium PC/HC 9
10 Sanjiao Three Heater SJ/TH/TE 23
11 Kand. Empedu Gall Bladder GB 44
12 Hati Lever LV/LR 24
About these ads