Limpa, Organ Yin Tanah

Merupakan kelenjar yang terletak di bawah hipogastrium (lambung bawah) kiri di bawah iga ke 9, 10, 11, letaknya menyentuh diafragma, ginjal kiri, kelokan Usus Besar kiri atas dan ekor Pankreas atau ruang tengah (Zhong Ciao).

Limpa merupakan organ Zang-padat yang berperan dalam pencernaan makanan dan minuman, oleh karena itu kelainan-kelaianan yang berhu-bungan dengan konversi makanan minuman banyak menggunakan titik-titik pada meredian Limpa seperti : Diabetes millitus , Kolesterol , Asam urat dll.
Dengan peran di atas maka Limpa / Lambung disebut sebagai akar kehidupan, sehingga mempe-ngaruhi pembentukan tubuh  (otot), berat dan bentuk tubuh. Dalam kesatuan kerja Limpa juga berhu-bungan dengan Pankreas (salah satu organ penghasil hormon) sehingga kelainan-kelainan hormo-nal sering menggunakan titik-titik pada mere-dian Limpa pula.
Chi-energi Limpa berdaya naik, membenci lembab dan menyukai kering dan melalui daya transportasinya Limpa mengirim segala sesuatunya yang bersifat lembab ke atas (paru-paru) dan dengan daya transpotasi ini pula sari-sari makanan (Jing perolehan) dikirim ke Paru-paru dan selanjutnya dikirim ke seluruh tubuh.
Limpa berhubungan dengan luar melalui bibir, rasa manis dibutuhkan untuk membantu mengembangkan fungsinya. Cinta, rindu, simpatik, berfikir dan melamun merupakan gerak mental yang mempengaruhi dan dipengaruhi organ Limpa.

Fungsi fisiologis :

  • Menguasai teransportasi cairan (transportasi kelebihan air dari jaringan kembali ke darah) dan pengolahan makanan.  Limpa memisahkan cairan yang berguna dan tidak berguna dari cairan yang sudah dicerna, mengirim yang bersih ke Paru-paru untuk di distribusikan ke kulit dan yang kotor di salurkan ke Usus Halus untuk di suling / dimurnikan.  Bila fungsi ini lemah maka terjadi penumpukan cairan sehingga menimbulkan kelembaban, banyak lendir atau oedema .
  • Pengendalian darah agar tetap berjalan sebagaimana mestinya dalam pembuluh darah  dan tidak terjadi pendarahan.
  • Limpa mengektrasi nutrisi dari makanan dan mengangkutnya ke bagian tubuh lainnya termasuk otot, menjamin kekuatan dan pengembangan otot serta  anggota gerak, maka kuat lemahnya anggota gerak mencerminkan kuat lemahnya organ limpa.
  • Waktu masih janin Limpa berperan membentuk sel-sel darah merah.
  • Memisahkan eritrosit  (sel darah merah) yang sudah usang.
  • Menghasilkan limposit (sejenis sel darah putih) bagian penting dari sistem kekebalan tubuh (limposit-B dibentuk di sumsum tulang sebagai anti bodi dan limposit-T dibentuk di kelenjar getah bening dan limpa yang diprogram untuk memerangin antigen tertentu) — fungsi pertahanan dan anti bodi.
  • Diduga menghancurkan leukosit dan trombosit.
  • Mengekstrasi Chi-energi dari makanan lalu mengirimnya ke Paru-paru untuk bergabung dengan Chi-energi yang diekstrasi dari udara (O2) kemudian diedarkan melalui meridian dan di bawah kulit dan sebagai Chi-energi Pertahanan.
  • Penyerapan lemak dari usus kecil ke pembuluh getah bening usus.
  • Penyimpanan dan pemecahan sel darah merah dalam limpa.

Gejala Patologis : Merupakan kumpulan gejala kelainan Chi Zhong Ciao (energi ruang tengah) dan daya transportasi dan jenis kelainannya berupa Chi Xi dan Yang Xi, Zhong Chi turun tenggelam, Limpa tidak menguasai Xie-darah gejala : pusing, berdebar, mudah lupa, sulit tidur, nafsu makan kurang dan lesu.

http://annahl-team.net/index.php/Teori-Organ/organ-limpa.html

About these ads