Bit kaya akan karbohidrat yang mudah menjadi energi serta zat besi yang membantu darah mengangkut oksigen ke otak. Bit berwarna merah, warna ini disebabkan oleh gabungan pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betasantin.

Kandungan bit:

  • Asam Folat 34%, Fungsi : Menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak ,

  • Kalium 14,8%, Fungsi : Memperlancar keseimbangan cairan di dalam tubuh,

  • Serat 13,6%,

  • vitamin C 10,2%, Fungsi : Menumbuhkan jaringan dan menormalkan saluran darah,

  • Magnesium 9,8%, Fungsi : Menjaga fungsi otot dan syaraf,

  • Triptofan 1,4%,

  • Zat Besi 7,4%, Fungsi : Metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh,

  • Tembaga 6,5%, Fungsi : Membentuk sel darah merah,

  • Fosfor 6,5%, Fungsi : Memperkuat tulang,

  • Caumarin yang berfungsi untuk mencegah tumor, dan

  • Betasianin sebagai pencegah kanker.

Manfaat bit:

Banyak sekali manfaat dari buah yang satu ini. Berikut ini sebagian dari manfaat yang akan kita dapatkan dari mengkonsumsi buah Bit.

  1. Sebagai obat hati dan kantong empedu.

  2. Menghancurkan sel tumor dan sel kanker.

  3. Memperkuat fungsi darah dan mengatasi anemia.

  4. Memproduksi sel-sel darah merah.

  5. Menurunkan kadar kolesterol.

  6. Membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh.

  7. Memperkuat sistem peredaran darah dan sistem kekebalan.

  8. Melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal.

  9. Memberi tenaga dan menyeimbangkan tubuh.

    Cara membuat jus untuk pengobatan anemia:

    • Cuci buah bit

    • Kupas kulitnya

    • Potong dan masukkan dalam blender atau diparut

    • Kemudian peras ambil airnya (untuk 1 gelas)

    • Tuangkan ke dalam gelas dan siap diminum

Mengkonsumsi jus bit, menurut peneliti, bisa membantu Anda berolahraga lebih lama tanpa rasa capek. Selain itu, setengah liter jus bit sehari efektif untuk menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan.

Just bit, terang peneliti, menunjukkan hasil yang mencengangkan karena manfaatnya melebihi rutinitas olahraga teratur di bawah pengawasan pelatih profesional. Dan meskipun rasanya mungkin tidak bisa memuaskan selera Anda, dampaknya bisa dirasakan oleh semua orang, mulai dari atlet hingga pensiunan yang bahkan tidak punya cukup energi untuk berjalan ke supermarket.

Oksigen

Dalam studi ini, para peneliti melibatkan delapan laki-laki muda sehat untuk melengkapi rangkaian tes bersepeda. Mereka diminta melakukan dua kali tes bersepeda, setelah minum jus bit sekali sehari selama 6 hari dan setelah minum blackcurrant cordial (minuman yang terbuat dari sejenis berry).

Studi yang dipublikasikan di Journal of Applied Physiology ini melaporkan, setelah minum jus bit, partisipan menggunakan lebih sedikit oksigen saat diminta bersepeda dengan kecepatan lambat. Hal ini menunjukkan, terang peneliti, kalau otot-otot mereka bisa melakukan kerja dalam jumlah yang sama dengan menggunakan energi yang lebih sedikit. Saat diminta bersepeda dengan jarak sesuai kemampuan, partisipan bisa mengayuh beberapa menit lebih lama dibandingkan saat sebelum minum jus bit.

Efek Nitrat

Setelah minum jus bit, lanjut peneliti, partisipan mengalami penambahan stamina sebesar 16%. Artinya, mereka yang biasanya kehabisan energi setelah jogging selama 1 jam mendapat ekstra waktu 10 menit. Selain itu, mereka bisa mencapai jarak yang sama dalam waktu yang lebih cepat.

“Kami sangat terkejut dengan efek jus bit dalam pengurangan pengeluaran oksigen, karena efek ini tidak bisa diperoleh dengan cara lain, termasuk program olahraga,” tutur salah seorang peneliti Andy Jones, seperti dikutip situs dailymail. Tentu saja Anda akan lebih fit setelah berolahraga, tetapi penggunaan oksigen Anda tetap sama.

Manfaat ini, terang peneliti, disebabkan oleh kandungan nitrat yang tinggi dalam jus bit. Zat kimia ini, menurut peneliti, juga bisa ditemukan pada sayuran hijau seperti kol dan bayam, khususnya pada konsentrat jus.

“Meskipun studi ini menggunakan jus bit yang dijual di pasaran, Anda akan mendapatkan manfaat yang sama dengan mengonsumsi jus yang dibuat di rumah,” terang Jones. (OL-08)

Sumber : Disini dengan tambahan by evialfadhl
About these ads