Lintah merupakan sejenis cacing dengan alat penghisap pada setiap ujungnya. Pada ujung yang satu terdapat alat penghisap dengan mulut dan di ujung yang lain ada alat seperti perekat untuk menempel.
Ukuran dan panjang dari lintah ada berbagai macam ukuran, dari ukuran kecil, sedang dan besar. Dari yang panjang 1 inci sampai dengan 10 inci panjang. Lintah ada yang berwarna hitam, coklat dan hijau dengan garis putus-putus pada bagian atas badannya.

Ada sekitar 600 spesies lintah yang ditemukan sampai sekarang, bahkan mungkin lebih. Dan sekitar 15 jenis lintah yang digunakan untuk terapi, jenis lintah yang digunakan untuk terapi adalah jenis hirudo medicinalis atau lintah kerbau karena kebiasaannya yang suka menghisap darah kerbau.

Apa jenis kelamin Lintah?

Lintah merupakan jenis hermaprodit atau berkelamin ganda. Sekali bertelur bisa mencapai 300 telur lintah.  

Lintah menghisap darah kita dengan menggunakan 2 cara : Mereka menggunakan belalai untuk menusuk kulit Anda dan kemudian menggunakan rahangnya dengan gigi-gigi kecil yang berjumlah seratus gigi-gigi kecil.

Lintah hidup di mana saja dimana terdapat air, seperti rawa dan sungai. Mereka hidup di habitat yang masih bersih dan tidak tercemar logam-logam berat dan sebagainya.

Lintah dapat mengenali dan menemukan Anda dengan mendeteksi minyak kulit, darah, panas, atau bahkan karbondioksida Anda ketika bernapas.

Lintah memiliki enzim dari liurnya. Salah satunya bernama hirudin yang berfungsi sebagai anti-koagulan (anti pembekuan darah). Hirudin dapat mengencerkan kekentalan darah.

Banyakmanfaat yang kita dapatkan dengan Terapi Lintah. Seperti dapat mengatasi migraine, vertigo, asam urat, diabetes, eksim, kolesterol, diabetes dan sebagainya.

“Sungguh apa-apa yang Allah ciptakan tiada satu hal pun yang sia-sia dan tiada manfaatnya”

About these ads