Rosulullohi sholallohu ‘alaihi wasallam dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ibnu Abbas bahwa Rosululloh bersabda:

“Sesungguhnya dalam air kencing dan susu unta itu terdapat obat penyembuh bagi penyakit pada perut mereka” (HR. Ahmad dan Thobroni. Say-Syaikh Al-Albani berkomentar, “Hadits Dhaif”)

Penyakit perut yaitu dimana perut  tidak bisa mencerna makanan dengan baik. Sehingga makanan menjadi rusak dalam perut.

Susu unta kaya akan lemak dan sangat bermanfaat bagi orang yang mengkonsumsinya dan merupakan penawar dari racun.

Susunan asam amino dalam susu unta serupa dengan susunan hormon insulin. Sehingga baik sekali untuk diabetes.

Kandungan susu unta bertingkat-tingkat tergantung pada frekuensi perahan, usia unta, jumlah anak unta yang dilahirkan, jumlah dan jenis makanan yang diberikan, dan jumlah air yang diminumnya. Susu unta dianggap sebagai susu dengan zat alkali (zat kimia yang menetralisir asam) yang tinggi, tetapi cepat berubah menjadi asam jika dibiarkan beberapa saat dan besaran ph-nya berubah dari 6,5 -6,7 menjadi lebih tinggi lagi. Faktor yang mempercepat menjadi asam karena bertambahnya asam laktat dari 3% setelah dua jam menjadi 14% setelah enam jam.

Kadar air pada susu unta berubah dari 84% menjadi 90%. Kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi yaitu, sekitar 5,4%. Kandungan protein sekitar 3%. Kadar gula sekitar 3,4%. Kadar materi lain seperti zat besi, kalsium, fosfor, potasium, dan magnesium sekitar 0,7%. Kandungan ini memiliki perbedaan tergantung pada jenis unta serta pakan dan minuman unta. Kandungan lemak yang ada pada susu unta lebih rendah dibandingkan kandungan lemak pada susu kerbau, yaitu 31,6% berbanding 40,9%. Lemak pada susu unta bersatu dengan protein, sehingga susah untuk dipisahkan dengan cara yang biasa seperti yang dilakukan terhadap susu yang lain.

Kandungan asam lemak pada susu unta mengalami proses yang lebih pendek dibanding susu lain. Susu unta memiliki lebih besar susunan zat asam lemak yang mudah mengembang, terutama linolenic dan berbagai zat asam lemak yang sangat vital untuk gizi manusia, khususnya mereka yang menderita penyakit jantung. Di samping itu, kadar kolesterol pada susu unta lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi sekitar 40%, dan kandungan protein kasein pada susu unta secara umum mencapai 70%, sehingga membuat susu unta mudah dikonsumsi.
Susu unta juga mengandung vitamin C dengan kadar tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. Kadar ini akan terus bertambah jika unta diberi pakan rumput yang kaya vitamin. Vitamin Bi dan B2 susu unta tersedia lebih banyak dibandingkan dengan susu domba. Begitu pula dengan vitamin A dan karotin yang cukup tersedia.

Manfaat minum susu Unta :

  • Susu unta dicampur dengan madu, dapat membersihkan kotoran perut yang bercampur dengan sisa makanan.

  • Susu unta dicampur dengan gula, maka ia bisa mengkilatkan dan memperindah wama kulit,

  • Menyembuhkan penyakit sesak, paru-paru, dan TBC.

  • Susu unta bisa memperhalus, memperlancar, dan membuka sesuatu yang tertutup sistim pencemaan serta bagus untuk menghilangkan rasa haus.

Al-Razi berkomentar tentang susu unta bahwa susu unta menyembuhkan penyakit jantung dan kerusakan anggota badan. Ibnu Sina dalam Al-Qanunfi Al-Thibb (The Canon of Medicine) berkomentar sebagai berikut:

“Susu unta merupakan obat yang berguna karena mengandung kilap dan zat khusus. Seandainya susu ini digunakan sebagai minuman dan makanan, orang yang mengkonsumsinya akan senantiasa sehat. lni telah dilakukan oleh umat yang menyerang negeri Arab. Mereka terpaksa meminum susu unta. Dan, mereka merasa cukup dengan hanya mengkonsumsi susu unta itu.”

Pasien yang menjadikan susu unta sebagai obat, disarankan untuk mengkonsumsinya pagi hari tanpa dicampur apa pun. Setelah minum, ia harus beristirahat total. Susu segar yang hangat dianggap sebagai sesuatu yang paling baik untuk membersihkan saluran pencemaan. Ia merupakan obat yang paling mujarab untuk memperlancar pencernaan. Menurut orang pedalaman, susu unta bisa menyembuhkan berbagai penyakit dalam.
Susu unta tidak hanya memberikan kekuatari semata, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Peneliti pada masa modern telah melakukan penelitian tentang manfaat susu unta.

sumber

About these ads