Pengobatan dengan bekam sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sudah dilakukan sejak bangsa-bangsa terdahulu sampai sekarang.

Bekam merupakan pengobatan yang mudah, murah dan aman. Semua orang bisa melakukannya. Hanya dengan melihat orang yang sedang membekam kita akan dapat langsung mempraktekkan sendiri. Banyak orang yang membekam hanya mengandalkan keberanian demi melaksanakan sunnah Nabi shallallahu’alaihi wasallam. Tanpa ada dasar-dasar ilmu kedokteran ataupun tradisional.

Definisi Bekam

Bekam mempunyai beberapa nama lain, canduk/canthuk, kop, cupping menurut bahasa Ingris, Gua-sha dalam bahasa Cina. Dalam bahasa Arab disebut hijamah, dari kata al-hijmu yang berarti pekerjaan, yaitu membekam.

Bekam secara bahasa adalah menghisap darah dan mengeluarkannya melalui permukaan kulit.

Bekam secara istilah adalah proses mengeluarkan darah kotor yang mengandung toxid (racun) dalam tubuh melalui permukaan kulit dengan cara dihisap dengan menggunakan berbagai macam alat, kemudian dilakukan penyayatan dan pengeluaran darah dari permukaan kulit.

 

Bekam Sebagai Detoksifikasi

Bekam merupakan salah satu cara detoksifikasi atau membuang racun yang sangat aman dan selamat bagi kita dan tidak ada efek samping, Insya Allah Ta’ala.

Sebagaimana kita ketahui bersama, kulit adalah organ yang terbesar dalam tubuh kita, oleh karena itu wajar dan masuk akal jika banyak toksid yang terkumpul dibawah permukaan kulit.

Toksid adalah endapan racun baik organik maupun non organik, yang dapat diuraikan maupun yang tidak dapat diuraikan oleh tubuh kita. Toksid ini dapat dikatakan ada pada setiap individu.

Toksid-toksid berasal dari :

  1. Pencemaran air dan udara,

  2. Makanan yang mengandung zat pewarna, zat pengawet, zat pengembang dan penyedap rasa sintetis (MSG),

  3. Sayuran yang disemprot dengan pestisida,

  4. Gaya hidup yang tidak sehat, merokok, alkohol dan narkotika,

  5. Pemakaian obat-obatan kimia yang bersifat keras yang bersenyawa tunggal dan tidak sesuai dengan tubuh kita yang bersenyawa kompleks.

Berbekam sangat sesuai untuk melegakan atau menghilangkan rasa sakit, memulihkan daya tahan tubuh (imunitas) dengan cara mengaktifkan kembali sel darah putih (leukosit) dan memperbaiki sel darah merah dengan membuang sel darah merah yang sudah rusak.

Dapatkan manfaat terapi bekam dengan berbekam rutin, minimal satu bulan satu kali