Manfaat Dan Kemanjuran Bekam

Bekam yang digunakan oleh orang Korea secara tradisional adalah pengobatan sirkulasi darah yang bermanfaat untuk memperbaiki peredaran darah. ( Pengakuan manfaat dan kemanjuran dari Badan Pengawas obat dan makanan : Perbaikan peredaran darah )

Penyusunan dan cara pengunaan alat Bekam

Alat Bekam berbentuk mangkok diletakkan pada permukaan kulit dan perlengkapan katup dipasang diatas mangkok bekam untuk memutus udara masuk dan keluar, serta ada pompa hirup udara yang menjadi vakum didalam mangkok untuk mengeluarkan udara ke luar sambil menjalankan alat katup dan lain lain.

Cara Membekam:

  1. Apabila membekam seluruh tubuh
    1. Orang dewasa dengan keadaan tubuh yang sehat dibekam dengan mengunakan setengah daya hirup dan gunakan alat penghisap sebanyak 15-20 buah.
    2. Waktu bekam adalah 1-3 menit serta bisa mengatur daya hirup dan waktu bekam sesuai dengan keadaan tubuh . keluar, serta ada pompa hirup udara yang menjadi vakum didalam mangkok untuk mengeluarkan udara ke luar sambil menjalankan alat katup dan lain lain.
  2. Apabila membekam sebagain tubuh
    1. Mengunakan daya hirup yang kuat selama 1-5 menit dan mengunakan alat penghisap sebanyak 2-5 buah.
    2. Standar waktu bekam untuk keadaan tubuh normal adalah 1 menit,keadaan tubuh sehat atau gemuk bisa diperpanjang sampai 3-5 menit. Jika keadaan tubuh lemah atau sakit dikurangin cukup 20-30 detik saja. (Jika di bekam terlalu lama maka dapat menyebabkan kulit melepuh)

Hal -Hal yang perlu diperhatikan saat membekam

  1. Apabila membekam seluruh tubuh sebaiknya cukup satu kali sehari selama satu bulan, selanjutnya disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Dilarang terburu-buru untuk membekam, gunakanlah secara bertahap sampai terbiasa dengan alat bekam.
  3. Keadaan yang paling baik untuk membekam adalah sebelum tidur, dan hindarilah membekam setelah makan atau berolah raga dengan keras.
  4. Ketika dibekam harus berbaring dengan lurus dan hindarilah membekam terlalu banyak atau terlalu lama.
  5. Dilarang ditempel dimuka kecuali keadaan khusus.
  6. Jika keadaan tubuh lemah cukup dibekam selama 20 detik dengan ringan, dan apabila kondisi kehamilan diatas 3 bulan dilarang membekam bagian perut bawah.
  7. Jika anda memiliki penyakit pendarahan maka dilarang untuk dibekam.
  8. Ikutilah perintah dokter apabila ada kondisi yang sama dengan dibawah ini:
  • Penderita yang perlu operasi pembedahan.
  • Penderita anemia.
  • Pasien yang lemah.
  • Wanita hamil.
  • Penderita cacat bawaan yang memiliki penyakit jantung.

Masing Masing reaksi yang timbul setelah di bekam:

  1. Janganlah khawatir jika merasa kelelahan karena gejala tersebut biasa terjadi pada tahap awal, tetapi apabila merasa amat kelelahan maka hentikan untuk sementara kemudian bekamlah secara ringan.
  2. Apabila warna darah tidak normal, biasanya bekas bekaman berwarna ungu kehitaman dan jika dibekam dengan keras pori-porinya membesar seperti darah bergumpal dan lebam (rasa nyeri bila disentuh), apabila terjadi efek samping yang serius segera berkonsultasi dengan dokter pengobatan tradisional china.

Cara Pengunaan Alat Bekam

Alat bekam dipasang dimulut (inlet) pompa vakum (karet)

Alat penghisap ditempelkan pada kulit sambil menarik gagang pompa vakum (2-3 kali) untuk dipompa sehingga langsung tersedot. Jika sudah disedot oleh alat penghisap maka lepaskan dari pompa vakum dengan satu tangan maka alat penghisap tetap menyedot permukaan kulit.

Setelah selesai semua, saat mencabut alat penghisap angkatlah kenop atap untuk mengeluarkan udara sehingga alat tersebut langsung terlepas dari permukaan kulit.

Bisa di sterilisasi pada suhu tinggi / Strelisasi dengan air hangat.

Sumber