img

“Konsumsi labu siam dapat meningkatkan asam folat untuk pembentukan sel darah merah dan menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan kaliumnya. Namun untuk penderita rematik sebaiknya dihindari karena sifat dingin labu siam bisa memicu timbulnya sakit.”

img

“Daun beluntas bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit tuberkulosis (TBC) kelenjar leher karena kandungan alkaloid dan minyak atsiri di dalamnya.”

img

“Rumput teki meringankan gejala yang timbul karena sindrom haid seperti nyeri, pusing dan mual karena mengandung antihelmintik, anti bakteri, astringensia. Caranya rebus umbi rumput teki dan rimpang jahe lalu air rebusannya diminum.”

img

“Minumlah larutan campuran air kelapa muda hijau dengan air perasan jeruk nipis secara teratur sehari tiga kali untuk membantu penyembuhan demam berdarah. Air kelapa adalah sumber alami dari elektrolit seperti potasium dan sodium.”

“Minum segelas sehari campuran jahe, madu, dan jeruk lemon yang direbus dengan perbandingan secukupnya untuk membantu mengatasi nyeri haid. Jahe membantu mengencerkan kekentalan darah, lemon meringankan udema dan madu membantu menambah kekebalan tubuh.”

“Bersihkan kotoran telinga cukup sebatas daun telinga saja, tidak perlu sampai ke liang telinga. Karena pada liang telinga terdapat kelenjar minyak atau serumen yang berfungsi mencegah masuknya kotoran, serangga, serta bakteri.”

img

“Mentimun bisa digunakan untuk membersihkan ginjal. Caranya mentimun segar dicuci lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Airnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun.”

“Untuk menghilangkan rasa kantuk di siang hari, cobalah untuk memejamkan mata beberapa saat tapi jangan terlalu lama karena dapat mengganggu tidur malam. Tidur siang bisa menyegarkan ingatan jangka pendek dan memberikan ruang untuk memasukkan informasi baru.”

“Makan ikan laut (seafood) terutama salmon dan tuna bisa menghilangkan bau mulut karena seafood mengandung omega 3 yang diketahui bisa menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus, Candida albicans dan Porphyromonas ginigivalis penyebab nafas bau.”

“Seperti tanaman punya waktu yang tepat untuk disiram, tubuh juga punya waktu ideal untuk minum yakni 1-3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari, 2-3 gelas pada 1 jam sebelum makan siang serta 2-3 gelas pada 1 jam sebelum makan malam.”

http://health.detik.com/tips