Pankreas adalah organ berbentuk tabung seperti bunga karang/spons kira-kira 6 inches panjangnya. Ia berlokasi dibelakang perut, dibelakang lambung. Kepala pankreas ada dikanan perut. Ia dihubungkan pada duodenum (usus dua bela jari), akhir bagian atas dari usus kecil. Ujung yang sempit dari pankreas, disebut buntut, memanjang ke bagian kiri tubuh.

Pankreas membuat getah-getah pankreas dan hormon-hormon, termasuk insulin. Getah-getah pankreas, juga disebut enzim-enzim, membantu mencerna makanan dalam usus kecil. Insulin mengontrol jumlah gula dalam darah. Kedua enzim-enzim dan hormon-hormon diperlukan untuk mempertahankan tubuh bekerja dengan benar.

Ketika getah-getah pankreas dibuat, mereka mengalir kedalam saluran utama pankreas. Saluran ini bergabung dengan saluran empedu umum (common bile duct), yang menghubungkan pankreas ke hati dan kantong empedu. Saluran empedu umum (common bile duct), yang membawa empedu (suatu cairan yang membantu mencerna lemak), menyambung ke usus kecil dekat lambung.

Definisi Kanker

Kanker/tumor adalah suatu kondisi dimana sel-sel tumbuh secara abnormal (tidak terkendali). Dalam prinsip pengobatan Timur, kanker/tumor terjadi karena kondisi tubuh (termasuk darah) yang terlalu asam (lembab panas). Hal ini tentu disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya :

  • Faktor Internal

Bisa terjadi juga karena faktor gen tertentu yang diwariskan dari orang tua.Tetapi ada sebagian kasus kanker ini terjadi karena adanya mutasi genetis, yang bukan merupakan warisan dari kedua orang tua. Hal ini Stress (Dep Kan Chi) sebagai salah satu pemicu terbesar. Karena Stress dapat membuat kinerja sel menjadi kacau balau, sehingga metabolisme tubuhpun akan terganggu.

  • Faktor Eksternal

Sebagian besar penyebab kanker adalah dari faktor eksternal (luar/lingkungan). Yakni dengan masuknya zat-zat karsinogen (penyebab kanker) ke dalam tubuh. Sebagai contoh adalah dari bahan-bahan kimia kosmetik, asap rokok, alkohol, benzena dan arsenik. Juga radiasi ionisasi dan ultraviolet memiliki peran dalam memicu terjadinya kanker.

  • Faktor Biologis

Pemicu kanker yang satu ini disebabkan oleh terjadinya kelemahan sistem imunitas tubuh kita. Biasanya terjadi karena Pola Makan yang tidak sehat, tidak seimbang dan tidak teratur.

Diantaranya;

  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berpengawet, atau yang sudah disimpan dalam jangka waktu yang lama, sehingga makanan ditumbuhi jamur dan bakteri.

  • Kesalahan dalam pengolahan makanan, sehingga menyebabkan kandungan nutrisi dalam makanan hilang bahkan mengalami reaksi kimia dan oksidasi sehingga menjadikannya berubah menjadi racun bagi tubuh.

  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang beraneka ragam dan terlalu  banyak mengkonsumsi lemak hewani, menyebabkan kondisi darah dan tubuh menjadi asam, sementara kondisi tubuh yang asam sangat disenangi oleh bibit-bibit penyakit.

  • Kurangnya olahraga

Penyebab Kanker Pankreas

Walaupun jarang dapat dijelaskan mengapa seseorang mendapat kanker pankreas dan yang lainnya tidak, adalah jelas bahwa penyakit ini tidak menular. Tidak seorangpun dapat “menangkap” kanker dari orang lain.

Meskipun ilmuwan-ilmuwan tidak tahu secara tepat apa yang menyebabkan kanker pankreas, mereka mempelajari bahwa ada sesuau yang meningkatkan kesempatan seseorang mendapat penyakit ini. Merokok adalah suatu faktor risko utama.

Penelitian menunjukan bahwa perokok-perokok mengembangkan kanker pankreas dua sampai tiga kali lebih sering daripada bukan perokok. Menghentikan merokok mengurangi risiko kanker pankreas, kanker paru-paru, dan sejumlah penyakit-penyakit lainnya.

Gejala-gejala Kanker Pankreas

Kanker pankeas telah disebut suatu penyakit “yang diam” karena kanker pankreas dini biasanya tidak menyebabkan gejala-gejala.

Jika tumor menghalangi saluran empedu umum (common bile duct) dan empedu tidak dapat masuk kedalam sistim pencernaan, kulit dan putih-putih mata mungkin menjadi kuning, dan urin mungkin menjadi lebih gelap. Kondisi ini disebut jaundice.

Ketika kanker tumbuh dan menyebar, sakit seringkali berkembang pada perut bagian atas dan adakalanya menyebar ke belakang (punggung). Sakit/nyeri mungkin memburuk setelah seseorang makan atau berbaring. Kanker pankreas dapat juga menyebabkan mual, kehilangan nafsu makan, kehilangan berat badan, dan kelemahan.

Suatu tipe yang jarang dari kanker pankreas, disebut kanker sel pulau yang sangat kecil (islet cell cancer), mulai pada sel-sel pankreas yang menghasilkan insulin dan hormon-hormon lain. Sel-sel islet juga disebut islets of Langerhans. Kanker sel-sel islet dapat menyebabkan pankreas menghasilkan terlalu banyak insulin atau hormon-hormon. Ketika ini terjadi, pasien mungkin merasakan lemah atau pusing/pening dan mungkin kedinginan (menggigil), kejang-kejang otot, atau diare.

Gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh kanker atau oleh persoalan-persoalan lain yang kurang serius. Jika seorang individu mengalami gejala-gejala, harus dikonsultasikan dengan ahli kesehatan.

Mulailah gaya hidup sehat dan seimbang. Sehingga kita akan menjadi lebih sehat. Yang terbaik adalah mengikuti Pola Hidup Rosululloh Sholallohu ‘Alaihi wa Sallam. Disamping mendapatkan pahala karena mengikuti sunnah-sunnahnya, insya Allah Ta’ala kita akan mendapatkan manfaat berupa kesehatan.

sumber dengan penambahan by evialfadhl