Di dalam Chiropractic dikenal adanya teknik manipulasi. Seperti bagaimanakah itu ?

Manipulasi tulang belakang merupakan terapi utama yang dipakai Chiropractor. Yang paling umum adalah :

  • Teknik memanipulasi dengan tekanan langsung (direct thrust techniques), Bagian tubuh tertentu ditekan dengan gerakan tangan yang cepat dan bertenaga. Juga dikenal dengan high velocity thrust (gerakan berkecepatan tinggi) dan merupakan terapi utama. Teknik ini memanfaatkan bagian tangan yang berbeda untuk memberi tekanan pada sendi yang berbeda. Misalnya jari tengah dan telunjuk digunakan untuk membetulkan tulang leher, sedang tulang pergelangan tangan dipakai untuk memperbaikik bagian thorax dan bagian lumbago. Ada pula gerakan tarikan pada bagian sendi sampai terdengar bunyi ‘klik’ yang keras saat terjadi geseran sendi.
  • Teknik manipulasi tidak langsung (indirect thrust techniques), cara ini  digunakan jika pasien tidak nyaman dengan teknik diatas. Dengan cara ini dibutuhkan beberapa menit untuk menarik sendi dengan perlahan.
  • Teknik manipulasi untuk jaringan lembut (soft tissue techniques), Cara ini sering digunakan sebagai  persiapan untuk mengurangi kekejangan otot dan melenturkan sendi sebelum melakukan teknik manipulasi  dilakukan. Teknik ini juga digunakan untuk mengendurkan titik-titik tertentu seperti titik-titik pada akupunktur atau refleksiologi agar menjadi lentur, untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman saat dilakukan manipulasi.

Teknik-teknik ini dikembangkan terus sampai kini kurang lebih ada 150 teknik manipulasi. Setiap chiropractor dituntut untuk menguasai teknik manipulasi yang tepat untuk setiap kasus.