Bagi Pasien penderita kanker mungkin bertanya-tanya. “Apakah akupunktur bisa membantu menyembuhkan saya?”

Kanker adalah suatu penyakit yang memiliki ciri dan karakter dengan 300 macam keganasan. Dari faktor historis, pato- fisiologis, dan perilaku klinis.

Kanker dapat timbul oleh karena disebabkan penyebab penyakit dalam dan penyakit luar. Penyebab penyakit dalam meliputi, perasaan tertekan, sedih, ketakutan, temperamen, kesukaan berkhayal dan kegembiraan yang terlalu. Pola makan yang tidak sehat (banyak memakan makanan yang karsinogen) dan tidak teratur. Juga dari penyebab penyakit luar. Seperti panas, angin, kering, dingin dan lembab. Kondisi yang ekses (Se) dapat menyebabkan tubuh kehilangan keseimbangannya dan akhirnya terjadilah apa yang namanya sakit.

Terapi akupunktur untuk pasien penderita kanker dapat dilakukan sebagai terapi anestesi dan analgesic.

  • Meningkatkan system imunitas, membantu mempercepat pemulihan, mengontrol rasa sakit dan menghilangkan pembengkakan lokal.
  • Memperbaiki dan menguatkan kelemahan organ-organ tubuh secara umum.
  • Melancarkan buang air besar atau diare dan meningkatkan system imun yang dapat menunjang kesembuhan bagi pasien.

Terapi akupunktur pada pasien untuk melancarkan energy chi disamping dengan pendekatan psikologi dari pengobat. Disamping nutrisi dari makanan juga harus diperbaiki. Pola makan yang baik dan sehat. Untuk mendongkrak kembali system imun tubuh. Sehingga tubuh kita sendiri yang akan melawan sel kanker tersebut.

Akupunktur menyeimbangkan dan menguatkan kembali distribusi energy vital (Qi) yang terhambat dan terhalang.

Cara pengobatan:

  • Jika pasien mengalami nyeri maka akupunktur dilakukan untuk menghilangkan nyeri
  • Terapi untuk mengatasi keluhan-keluhan lain disamping keluhan utama
  • Terapi untuk menguatkan atau melemahkan organ-organ yang bermasalah

Secara klinis akupunktur untuk kanker dibagi menjadi 3

  1. Akupunktur untuk meningkatkan system imun. Dapat dilakukan moksibasi atau akupunktur tonifikasi pada titik-titik penguatan, titik Su dan titik Mu.
  2. Akupunktur untuk mencegah dan mengurangi efek dari kemoterapi dan setelah pembedahan. Titik Xuehai (Sp10) dan Geshu (Bl17) berhasil meningkatkan lekosit.
  3. Menghilangkan dan mengurangi nyeri dan gangguan menelan. Bisa dipakai titik Tiantu (Cv22) dan Neiguan (Pc6)

Dengan demikian akupunktur dapat membantu pasien penderita kanker. Mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir, setiap penyakit pasti ada obatnya. Dan berobatlah dengan yang halal. Jangan berobat dengan sesuatu yang di haramkan.