Jantung, Organ Yin Api

Jantung sebagai pimpinan organ terletak di rongga dada Zhang Ciao dan disebut sebagai istana Shen yang diperluas sebagai pengatur segala keaktifan hidup.

Jantung mengatur fungsi dari Lima Zang (organ padat) dan Enam Fu (organ berongga), pergerakan dari keempat anggota gerak dan tulang-belulang, perubahan-perubahan pada tiap pikiran (rasio) dan emosi.  Semua itu di bawah pengaturan Jantung yang mengembangkan fungsinya.

Jantung sangat mempengaruhi cara berfikir, perubahan emosi, dengan demikian sangat mempengaruhi keadaan mental.
Jantung menerima rangsangan dari luar, timbul proses pemikiran.  Dimulai dengan lahirnya pemikiran, lalu timbul pengertian, dari pengertian membentuk kesimpulan, kesimpulan berkali-kali dipikirkan, ditafsirkan kemungkinan yang akan terjadi, akhirnya di dapat suatu kepastian akan suatu tindakan yang akan diambil.  Hal ini merupakan proses terbentuknya Ce (kecerdasan), dengan pengertian ini jelaslah bahwa terbentuknya kecerdasan mempunyai dasar materi dan Jantunglah yang memegang peranan itu.
Jantung juga merupakan kunci dari peredaran Chi Xie (energi dan darah), dengan kerja dan fungsi Jantung yang baik maka peredaran Chi Xie (energi dan darah)menjadi lancar.  Jantung menguasai (menjadi tuan) Xie-darah dan Mai (pembuluh darah seluruh tubuh, hasil dari autopsi / bedah mayat).  Berat Jantung  220 – 260 gram dan dibungkus oleh membran tipis yang disebut Paricardium. Bagian viserial adalah yang melekat dan bagian perietal adalah yang membentuk kantung berisi minyak.  Gerakan Jantung kontraksi disebut systole dan gerakan pengenduran disebut dyastole.

Fungsi fisiologis :

  • Menguasai Xie-darah dan Mai-pembuluh darah.  Jantung yang sehat juga berarti pembuluh darah kuat, sirkulasi sehat (keduanya dapat dilihat dari nadi) dan sebagai akibatnya kulit berkilau kemerahan.
  • Menguasai pikiran (kecerdasan) dan mental, kejiwaan, Shen, kesadaraan, ingatan dan tidur dikuasai Jantung.  Emosi mempengaruhi dan dipengaruhi Jantung, jika kondisi Jantung sehat maka akan terlihat ceria, gembira dan penuh optimisme.
  • Jantung berhubungan dengan luar melalui lidah, hal tersebut dikarenakan meridian Sin-Jantung mempunyai satu cabang yang langsung berhubungan dengan lidah sehingga Chi-energi dan Xie-darah dari Sin-Jantung dapat mengalir langsung ke lidah.  Jika secara klinis ditemui kelainan fungsi Jantung maka akan dijumpai kelainan di lidah baik bentuk, warna maupun pergerakannya, cita rasa dan kemampuan bicara.
  • Jin Ye (cairan tubuh) memasuki pembuluh darah untuk mencairkan darah ketika darah terlalu kental dan sebaliknya cairan tubuh meninggalkan darah ketika darah terlalu encer, fungsi perpindahan ini dikendalikan oleh Jantung oleh karenanya pengeluaran keringat yang berlebihan akan memicu hilangnya cairan tubuh dan akan mengakibatkan terjadinya kekurangan darah.  Kelemahan Chi Jantung mungkin mengakibatkan tubuh berkeringat secara spontan.
  • Jantung membutuhkan rasa pahit untuk mengembangkan fungsinya.
  • Sebagai hubungan Zang Fu (organ padat dan berongga), Jantung berhubungan dengan Usus Kecil, untuk kejelasannya lihat bab meridian Jantung.
  • Olah raga atau jalan kaki ditengarai bisa menjadi medium penguat jantung pada orang yang jantungnya lemah dengan sirkulasi yang buruk. Jika berlebihan akan dapat memperburuk ketidak seimbangan jantung. Panas yang berlebihan yang disebabkan oleh bekerja terlalu keras atau iklim yang ekstrem akan melukai jantung.
  • Kondisi jantung juga akan diperburuk oleh rasa senagn yang berlebihan atau menturutkan hati, karena orang tipe Api merasa senang berada ditengah-tengah kelompok, berbicara, tertawa dan mengalami waktu yang menyenangkan.

Gejala Patologis : Merupakan kumpulan gejala kelainan fungsi Jantung seperti kelainan mental, gerak pikiran dan pembuluh darah.  Jenis kelainanya berupa Chi Xu-Yang Xu, Xie Xu-Yin Xu, Yang Shi, Sindrom Pi (nyeri).