Jakarta, Bau badan sering jadi masalah besar karena berdampak pada rasa percaya diri seseorang. Kini ada cara alami menghilangkan bau badan dengan jus tomat. Kok bisa?

Selama ini orang berpikir bahwa bau badan bisa dihilangkan dengan rajin mandi, memakai deodoran, pakai bedak badan, atau dengan memakai parfum.

Bau badan yang terjadi pada setiap manusia dipengaruhi oleh faktor usia, gizi, dan kesehatan. Dalam bahasa kedokteran bau badan disebut dengan bromhidrosis.

Bau badan itu sendiri sebenarnya ditimbulkan oleh pertumbuhan bakteri pada kulit, yang biasanya tumbuh di bawah ketiak ataupun dilipatan kulit lainnya.

Selain itu bau badan juga bisa disebabkan oleh hormon yang berlebih, penggunaan obat, konstipasi, dan bisa juga karena mengkonsumsi beberapa makanan tertentu yang mempunyai bau yang menyengat khususnya ikan dan bawang putih.

Seperti dilansir skin care, Kamis (9/7/2009), cara yang alami untuk menghilangkan bau badan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia adalah dengan menggunakan jus tomat. Tomat yang telah dijus sebanyak dua gelas dicampurkan ke dalam bak mandi, lalu rendam tubuh selama 15-20 menit, setelah itu mandi seperti biasa. Cara ini dipercaya bisa menghilangkan bau badan.

Selain dengan berendam, jus tomat juga bisa diminum langsung secara biasa sebanyak 1 gelas sehari. Jus tomat dipercaya bisa menghilangkan bau badan karena mengandung garam yang dapat menyeimbangkan pH kulit kita sehingga bisa mengurangi bau badan.

Tips mengusir bau badan:

1. Perhatikan pola hidup kita dengan menerapkan pola hidup bersih.
2. Mandi secara teratur untuk menghilangkan bakteri-bakteri dikulit khususnya didaerah ketiak dan daerah yang mempunyai potensi besar untuk perkembangbiakan bakteri.
3. Gunakanlah sekali-kali scrub antibakteri pada saat mandi.
4. Pilihlah pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun sehingga keringat akan mudah menguap dari bahan yang dikenakan.
5. Mengatur pola makan dan usahakan mengurangi makanan yang menjadi sumber timbulnya bau badan.
6. Kurangi rokok selain membuat nafas tak sedap rokok juga bisa membuat bau badan dan merusak kulit.