Tidur merupakan salah satu cara untuk melepaskan kelelahan jasmani dan kelelahan mental. Dengan tidur  semua keluhan hilang atau berkurang dan akan kembali mendapatkan tenaga serta semangat untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Tidur yang cukup dapat memainkan peranan dalam membantu tubuh kita untuk pulih dari penyakit atau luka. Penelitian menunjukkan  bahwa kurang tidur mengakibatkan kehilangan kekuatan, kerusakan pada sistem kekebalan dan meningkatkan tekanan darah (Nancy W, 2006).

Secara TCM (Traditional Chinese Medicine), tidur merupakan suatu siklus karena pergantian siang dan malam secara alami dimana menunjukkan Yin Yang seimbang. Pada kondisi sehat (normal), Wei Qi (Qi pertahanan) bersirkulasi pada meridian Yang di waktu siang dan relatif ekses sehingga membuat seorang terjaga/sadar penuh. Ketika malam hari, Wei Qi (Qi pertahanan) menuju meridian Yin sehingga relatif ekses Yin sehingga orang masuk dalam fase tidur.

Secara umum gangguan tidur terbagi dalam empat tahapan yaitu :

  1. Gangguan masuk tidur dan mempertahankan tidur yang disebut dengan Insomnia
  2. Gangguan yang berhubungan dengan tidur/mengantuk berlebihan disebut hipersomnia
  3. Disfungsi yang berhubungan dengan kondisi tidur, stadium tidur atau keadaan jaga yang berubah sifat yang disebut dengan parasomnia
  4. Gangguan ritme tidur jaga

Gangguan masuk tidur dan mempertahankan tidur yang disebut dengan insomnia sendiri dikelompokkan dalam tiga tipe:

Tipe pertama adalah penderita yang tidak dapat atau sulit tidur selama 1 sampai 3 jam pertama, namun karena kelelahan akhirnya tertidur juga. Tipe ini biasanya dialami penderita usia muda yang sedang mengalami kecemasan.

Tipe kedua, dapat tidur dengan mudah dan nyenyak, namun setelah 2 sampai 3 jam tidur terbangun. Kejadian ini bisa berlangsung berulang kali.

Tipe ketiga, penderita dapat tidur dengan mudah dan nyenyak, namun pada pagi buta dia terbangun dan tidak dapat tidur lagi. Ini biasa dialami orang yang sedang mengalami depresi.

Penyebab Insomnia

Kurang olahraga, khawatir, ketakutan, kecemasan, kemarahan, kekurangan gizi, kesedihan, rasa sakit dan pengumbaran nafsu birahi.

Terapi Akupunktur

Akupunktur adalah suatu bentuk pengobatan Kedokteran Cina dimana jarum dimasukkan ke meridian yang ada pada tubuh. Prinsip pengobatan akupunktur adalah untuk menyelaraskan aliran Qi,(energi) dalam meridian yang dapat mengontrol aspek fungsi tubuh kita. Akupunktur sangat efektif untuk insomnia, karena memiliki efek menenangkan pada sistem saraf manusia.

Perangsangan titik-titik akupunktur memiliki manfaat tidak terbatas. Titik pilihan untuk insomnia biasanya difokuskan pada meridian jantung atau perikardium. Menurut beberapa ahli akupunktur, jantung atau pericardium merupakan tempat berkumpulnya Shen (semangat). Orang dengan insomnia biasanya merasakan kelelahan, mudah terkejut, kegelisahan mental, khawatir, pelupa dan cemas. Semua perasaan ini mengakibatkan tubuh menjadi lemah dan Shen (semangat) seseorang menjadi lemah pula. Ada juga insomnia karena lemahnya lever dan ginjal yang disebabkan oleh kekurangan cairan. Maka prinsip terapinya  akupunktur pada meridian lever dan meridian ginjal (Ki 2 dan Ki 3).

Dengan menghilangkan faktor penyebab semisal rasa sakit dan kecemasan, akupunktur dipercaya dapat meredakan insomnia. Beberapa pasien mulai tidur nyenyak setelah pengobatan akupunktur pertama mereka. Enam kali perawatan akupunktur biasanya cukup untuk mengembalikan pola tidur yang normal, bahkan pada pasien yang menderita insomnia selama bertahun-tahun.

Selain dengan terapi akupunktur, insomnia bisa diminimalkan dengan mengikuti beberapa saran berikut ini :

Tenangkan Pikiran : latihan pernafasan,  dan bentuk-bentuk relaksasi untuk mengurangi insomnia Anda.

Diet     : menghindari makanan pedas, daging, makan besar, alkohol, dan minum kopi sebelum tidur. Ini semua membuat panas internal di dalam tubuh Anda.

Pekerjaan: pekerjaan dengan beban berat segera diselesaikan di siang hari. Berpikir yang berlebihan pada malam hari dapat memacu jantung Anda bekerja lebih cepat dan menyebabkan insomnia.

Rendam kaki : merendam kaki di air hangat pada malam hari akan membantu mencegah insomnia.

Sumber : disini dengan penambahan by evialfadhl