Racun lebah adalah cairan berwarna bening yang cepat sekali kering meski dalam suhu rendah sekalipun. Aromanya harum menusuk (aromatik), rasanya pahit dan di dalam cairan tersebut mengandung unsur asam. Seperti formic, hydrochloric, artofosforic dll.

Racun lebah terdapat dalam kantong pada tubuhnya, dan racun dalam kantong ini akan bertambah kadarnya jika unsur-unsur protein dalam makanan lebah melebihi unsur karbohidratnya.

Cara Kerja Racun Lebah

Racun lebah dapat menutup saluran penghubung saraf-saraf pusat dan mengurangi bahkan menghalangi gangguan-gangguan syaraf dan reumatik.

Racun lebah menciptakan elastisitas pada pembuluh darah sehingga akan menambah suplai oksigen ke dalam darah. Secara umum, racun lebah menambah pewarnaan darah (hemoglobin meningkat) juga kadar kolesterol dalam darah menurun.

Pola Makan Selama Terapi Sengat Lebah

Selama terapi berlangsung sebaiknya makanan yang pedas dan minuman-minuman beralkohol (apalagi alkohol HARAM hukumnya) harus dihindari. Karena akan mengurangi efek terapi sengat lebah.

Tidak boleh menggunakan racun lebah langsung setelah mengkonsumsi makanan-mankanan pokok, dimana makanan pokok akan dapat menyebabkan aliran darah yang deras ke lambung.

Makanan yang dikonsumsi harus berkalori tinggi dan mengandung unsur-unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin-vitamin (C dan B1), dan madu sebagai pengganti gula harus dikonsumsi setiap hari.

Racun lebah dapat mengurangi pasokan darah ke dalam otak sehingga kadang ada pasien yang diterapi sengat lebah kemudian pingsan. Oleh karena itu tidak dianjurkan setelah terapi sengat lebah pasien langsung mandi di kolam renang atau bak mandi atau jalan-jalan dalam jangka waktu yang lama.

Setelah terapi sengat lebah, duri lebah harus dicabut. Dan oleskan minyak pada bekas sengatan.

Reaksi yang ditimbulkan setelah di terapi lebah variatif, ada yang demam, pusing, mual, muntah, alergi bahkan pingsan.

Makan makanan yang seimbang nutrisi dan gizinya, konsumsi juga sayuran dan buah, minum air putih yang cukup serta minum madu setiap hari.

Advertisements