Terapi Lintah jarang menyebabkan komplikasi serius, hanya efek gatal pada titik lokal tapi tidak akan berlangsung lama.

Sebelum perawatan / terapi sebaiknya pasien mengisi formulir persetujuan yang berisi gambaran efek-efek setelah terapi lintah. Setiap pasien memiliki efek yang berbeda-beda setelah melakukan terapi Lintah. Tergantung pada tingkat imunitas dan kondisi kesehatan organ-organ dalam tubuh pasien.

Persepsi tentang rasa sakit pada titik lokal leeching bervariasi. Sebagian besar pasien menggambarkan rasa sakit segera setelah gigitan lintah dan berlangsung selama sekitar satu hingga lima menit. Karena semakin banyak air liur diperkenalkan ke dalam jaringan, efek anestesi air liur lintah mulai bereaksi.

Sehingga lama kelamaan tidak akan merasakan sakit lagi. Intensitas rasa sakit karena gigitan lintah dan fase pertama menyedot biasanya terasa ringan  bahkan bisa diabaikan (tergantung pada ambang batas sakit pasien), tetapi pada beberapa pasien ketika penyedotan Lintah ada yang merasakan sakit yang  semakin hebat, mirip dengan sengatan tawon. Tergantung pada besar rahang lintah itu sendiri dan sensitifitas pasien. Intensitas dirasakan dari gigitan lintah bervariasi dari satu individu ke individu lainnya. Peringkat nyeri Subjektif berkisar dari “tak terlihat” untuk “ringan” (mirip dengan rasa sakit jelatang menyengat) untuk sakit yang “mirip dengan sengatan tawon” (sangat jarang).

by evialfadhl