Pada artikel-artikel sebelumnya tentang susu: Sejarah Susu, Macam-macam susu dan produk susu serta Minum Susu dan Osteoporosis maka dalam tulisan saya kali ini saya paparkan Susu sebagai minuman yang berkah. Namun pada kehidupan kita sekarang ini yang seperti hidup dalam limbah karsinogen maka harus pandai-pandailah dan bijak dalam memilih susu serta makanan yang hendak kita makan.

Jangan  berlebih-lebihan dalam hal makan dan minum. Makan dan minumlah dari apa-apa yang Allah rizkikan untuk kita yang halalan thoyyiban.

Rosululloh Sholallohu ‘Alaihi wasallam bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan selainnya,

Jika salah seorang dari kalian ingin memakan makanan hendaklah ia mengucapkan : Ya Allah, berilah kami berkah pada makanan itu dan berilah kami makanan yang lebih baik darinya

Dan, apabila diberi susu, hendaklah mengucapkan :

‘Ya Allah, berilah kami berkah pada makanan itu dan tambahkan untuk kami darinya, sebab tidak ada yang bisa menggantikan makanan dan minuman selain susu’

(Sunan Abi DAwud : II/365 dan lafal miliknya. HR. Ahmad dalam Musnad: I/225)

Ibnul Qoyyim meriwayatkan dai Ibnu Abbas bahwa Rosulullohi Sholallohu A’laihi wasallam menyukai susu*

Susu merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah di alam semesta ini. Dalam Qur’an Surat An-Nahl Allah berfirman :

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami member minum  daripada apa yang berada dalam perutnya (barupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya” (An-Nahl : 66)

Susu juga merupakan salah satu kenikmatan dan kesenangan penduduk surge. Allah berfirman :

“(Apakah) perumpamaan (penghuni) surge yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai  dari air susu yang   tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamer yang   lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan  dan ampunan dari Rabb mereka , sama dengan orang yang kekal dalam Jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?”

(QS Muhammad : 15)

Kandungan Susu:

  • Susu mengandung gula, garam mineral, minyak, zat besi, vitamin A,B dan C.

  • Minyak dalam susu terdiri dari zat trigliserida dalam bentuk tetesan-tetesan bulat. Oleh karena itu, susu akan kehilangan banyak nutrisi jika zat yang mengandung lemak ini dipisahkan.

  • Protein dalam susu ada dua unsure : ozionugen dan lacto albumin. Dua unsure ini memberikan nutrisi yang tinggi pada susu.

  • Mineral yang terpenting pada susu adalah sodium, kalsium, magnesium dan potassium.

  • Vitamin yang terdapat pada susu adalah vitamin A, B,B2,B12, C, D dan E. yang paling banyak adalah vitamin A dan D. sedangkan yang paling sedikit adalah vitamin C. Oleh sebab itu dengan menambahkan sari jeruk dapat menggantikan kekurang vitamin C tersebut.

  • Susu juga mengandung zat tepung. Zat ini dapat menghasilkan energy yang diperlukan oleh manusia untuk beraktivitas.

Manfaat Susu :

1.        Bagi anak-anak susu memiliki  banyak manfaat diantaranya dapat menguatkan tulang,

2.       Meninggikan badan,

3.      Memperbaharui sel-sel yang rusak dan mencegah penyakit rakhitis (kelumpuhan).

4.       Susu dapat menguatkan gigi karena kandungan zat kapur dan fosfornya yang banyak dan mudah diserap oleh tubuh.

5.       Susu juga bermanfaat untuk jantung dan paru-paru.

6.      Selain itu susu menjadi obat dan nutrisi bagi orang yang mengidap penyakit liver.

7.       Susu juga bermanfaat bagi system saraf.

Macam-macam Susu :

Susu Sapi

Adakalanya susu sapi dapat menggantikan susu ibu ketika kondisi sangat darurat. Ini tentunya susu hewan manapun tidak dapat menandingi susu ibu yang nutrisinya terlengkap bagi bayi.

Rosululloh bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari jalur periwayatan Thoriq bin Syihab :

“Sesungguhnya, Allah ‘Azza wa Jalla tidak menciptakan suatu penyakit. Kecuali menciptakan pula obatnya. Maka hendaklah kalian berobat dengan susu sapi karena sapi memakan seluruh pohon (tumbuhan)”

HR.Ahmad. Syuaib Al-Arnauth berkomentar,”Hadits Hasan Lighoirihi” HR. Ibnu Hibban : XII/349 dan Al-Hakim dalam Al-Mustadrak : IV/218.

Ilmu modern telah membuktikan bahwa susu sapi dapat memberikan nutrisi dan menyuburkan badan. Ia merupakan susu yang paling seimbang nutrisinya dan paling banyak manfaatnya bagi manusia terutama bagi anak-anak.

evialfadhl
Bandung, 19 Desember 2010