Unta sebagai salah satu sumber gizi. Dengan meminum susu dan memakan daging unta. Jenis unta di seluruh dunia ada dua. Pertama, unta yang memiliki satu punuk. Misalnya unta Arab yang  populasinya menyebar di sepanjang padang pasir jazirah Arab, padang pasir Afrika, dan ada juga yang menyebar di kawasan Asia dan lain-lain. Kedua, unta yang memiliki dua punuk. Unta jenis ini bisa ditemukan di puncak gunung Himalaya, India, dan beberapa tempat lain.

Susu unta merupakan sumber gizi utama di padang pasir. Susu unta adalah susu yang paling bagus. Susu ini biasanya dihidangkan ketika masih segar. Cita rasa susu unta cukup beragam. Ada yang sangat manis, tawar, dan asin, padahal makanan yang dikonsumsi oleh unta adalah apa yang diberikan oleh pemiliknya

Para ahli telah melakukan penelitian terkait dengan susu unta sejak kuartal terakhir abad kedua puluh. Mereka melakukan penelitian terhadap ratusan unta dari berbagai jenis. Para peneliti memperhatikan jumlah susu yang diperah dalam sehari, susu yang diperah setelah melahirkan, maupun kandungan yang ada dalam susu unta. Setelah melakukan berbagai penelitian, para ahli menemukan bahwa susu unta dianggap sebagai unsur dasar untuk memperbaiki gizi manusia, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Kandungan asam lemak pada susu unta mengalami proses yang lebih pendek dibanding susu lain. Susu unta memiliki lebih besar susunan zat asam lemak yang mudah mengembang, terutama linolenic dan berbagai zat asam lemak yang sangat vital untuk gizi manusia, khususnya mereka yang menderita penyakit jantung. Di samping itu, kadar kolesterol pada susu unta lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi sekitar 40%, dan kandungan protein kasein pada susu unta secara umum mencapai 70%, sehingga membuat susu unta mudah dikonsumsi.

Susu unta juga mengandung vitamin C dengan kadar tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. Kadar ini akan terus bertambah jika unta diberi pakan rumput yang kaya vitamin. Vitamin Bi dan B2 susu unta tersedia lebih banyak dibandingkan dengan susu domba. Begitu pula dengan vitamin A dan karotin yang cukup tersedia.

By evialfadhl dan sumber