Qi termasuk salah satu materi dasar dalam tubuh menurut ilmu akupunktur.

Qi yang seimbang dan cukup akan membuat tubuh kita menjadi sehat, sebaliknya kekurangan Qi dan ketidakseimbangan akan membuat tubuh kita menjadi sakit.

Qi (energi vital, energy pokok), merupakan substansi  esensial tubuh yang memelihara aktivitas organ Cang Fu , jaringan tubuh  lain­nya serta memelihara meridian. Semua aktifitas vital manusia terjadi  karena perubahan dan gerakan dari Qi. Sebagai materi dasar yang memelihara fungsi-fungsi  fisiolo­gis seluruh tubuh, Qi mempunyai bentuk yang banyak sekali, dimana bentuk yang satu timbul dari yang lainnya. Dalam akupunktur Qi juga disebut spirit of life.

Dalam  mempelajari  Qi  dan  sirkulasinya,  perlu diketahui sumber, distribusi dan fungsi Qi yang bermacam-macam.  Pada  umumnya kita membedakan Ceng Qi  yang telah dibawa sejak lahir dan Qi perolehan, yang diperoleh sesudah kelahiran yang didapat dari makanan dan zat-zat kosmis dari udara (oksigen).

Menurut sumber, fungsi dan penyebabnya Qi dalam tubuh manusia dibedakan menjadi :

1.   Cheng Qi, Qi yang disimpan di dalam Ginjal

2.   Thung Qi, Qi ynag disimpan di Paru-paru

3.   Gu Qi, Qi yang disimpan di Limpa dan Lambung

4.   Wei Qi, Qi pertahanan/penangkal penyakit

5.   Ching Qi, Qi yang mengalir di saluran meridian

6.   Cin Qi, materi dasar tubuh berupa seluruh cairan yang ada di dalam tubuh. Seperti darah, air liur, enzim, air mata, dll.

Menurut  sumbernya, Qi dapat dibagi juga menjadi Qi Keturunan dan  Qi Perolehan.

Cheng Qi berasal dari  esensi  keturunan (kongenital) dan diturunkan dari orang tua, diacu sebagai Qi keturunan.  Setelah lahir, Thung Qi, Ching Qi, Gu Qi, Cin Qi, dan  Wei Qi berasal dari esensi makanan dan dikenal sebagai Qi perolehan.

Cheng Qi (Qi keturunan) dan Qi perolehan saling bergantung satu sama lain untuk memproduksi  dan memperoleh zat makanannya.  Yuanqi  merangsang  dan meningkatkan aktivitas fungsional organ Zang Fu dan  jaringan tubuh yang berkaitan, yang kemudian pada suatu saat akan memproduk­si Qi perolehan. Dengan demikian Cheng Qi merupakan materi dasar untuk memproduksi Qi perolehan. Di pihak lain,  Qi  perolehan secara  terus menerus memberi makan dan mendukung Qi  keturunan.