Untuk masalah kecantikan kulit wajah, tidak hanya perawatan dari luar yang harus diperhatikan. Perawatan dari dalam memiliki peranan yang besar juga dalam menjaga kesehatan dan keindahan kulit. Konsumsi sayuran dan buah secara seimbang, dan cukupi kebutuhan air minum. Berikut buah-buahan yang berperan untuk dapat menjaga keindahan dan kesehatan kulit.

1. Alpukat,
Tak semua lemak buruk untuk tubuh. Lemak yang ada di alpukat justru adalah lemak yang membantu menetralisir lemak buruk. Dipadukan dengan vitamin E, alpukat sangat ampuh untuk mengurangi kekeringan pada kulit dan rambut.

2. Buah Berry

Strawberry, blueberry, raspberry, blackberry, dan berry-berry lain mengandung kolagen yang membuat kulit kenyal, halus, dan kencang.

3. Teh Hijau
Teh hijau mengandung catechins, antioksidan yang membantu memerangi virus dan memperlambat proses penuaan.

4. Kacang-kacangan
Kaya vitamin A dan E. kacang-kacangan melindungi kulit dari polutan sekaligus mengurangi efek buruk sinar UV. Kacang Brazil bahkan memiliki manfaat lebih yaitu menguatkan rambut, kuku, dan membuat kulit jadi lebih kenyal.

5. Ikan Berminyak
Ikan yang mengandung minyak seperti sarden dan makarel memiliki asam lemak yang penting untuk membuat kulit ekstralembap dan mencegah kerutan.

6. Minyak Zaitun
Ini adalah salah satu bahan makanan yang baik bukan hanya untuk kulit tapi juga untuk rambut, kuku, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seperti alpukat, minyak zaitun kaya dengan lemak baik, vitamin A, dan vitamin E, untuk membuat kulit halus dan awet muda. Pilihlah Virgin Olive Oil yang belum diproses secara kimiawi.

7. Bayam
Sayuran favorit Popeye Si Pelaut ini adalah sumber makanan yang kaya vitamin B, C, dan E. Vitamin C dan E adalah kombinasi ampuh melawan penuaan, sedangkan vitamin E merangsang energi dan membuat kulit bercahaya.

8. Gandum
Gandum jenis wholegrains kaya akan serat yang membantu proses pencernaan. Pencernaan lancar, racun yang mengendap di kulit pun lancar terbuang, dan kulit akan terlihat lebih cerah.

9. Semangka
Ini adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kulit. Daging buahnya kaya akan vitamin A, B, dan C, sedangkan bijinya mengandung selenium, lemak baik, zinc, dan vitamin E. Semua hal ini ampuh memerangi kerusakan radikal dan penuaan dini.

Disamping asupan nutrisi dari makanan, penunjang-penunjang lainnya juga harus diperhatikan. Hindari makanan yang dapat mmpercepat penuaan dan mengandung toksin yang tinggi.Lakukan olahraga secara teratur, jauhi berfikiran negatif. Jika diperlukan, lakukan detoksifikasi, agar metabolisme tubuh tetap baik dan lancar.

link dengan penambahan by evialfadhl