Rematik mempunyai arti tersumbat atau tidak lancar. Gejala Bi / Rematik antara lain otot, tendon, sendi terasa linu, kebas, berat, sendi susah di tekuk dan diluruskan, bahkan sendi bengkak, merah dan nyeri (inflamasi). Penyebab Rematik antara lain pathogen yang bersifat angin, dingin, lembab dan panas menyerang tubuh, sehingga menghambat aliran Qi di dalam meridian / Jing Luo, demikian juga peredaran Qi dan Xue (darah) menjadi tidak lancar.

Sedangkan faktor dari dalam adalah Zheng Qi / kekuatan tubuh lemah, sehingga tidak dapat menahan serangan patogendari luar. Gejala klinik ditentukan oleh pathogen yang menyerang tubuh dan Zheng Qi / kekuatan tubuh.

Misalnya pathogen angin umumnya menimbulkan Xing Bi / rematik berpindah – pindah, dengan ciri nyeri yang berpindah – pindah; sedangkan pathogen dingin menimbulkan Han Bi / Rematik yang bersifat dingin, dengan ciri nyerinya parah, daerah terserang teraba dingin dan nyerinya menetap pada satu lokasi saja; sedangkan rematik yang disebabkan oleh pathogen lembab, cirinya menetap pada suatu tempat, kadang – kadang. Karena itu dalam klinik perlu diperhatikan penyebab dari timbulnya rematik, hingga pengobatannya lebih terarah, dan menghasilkan efek terapi lebih baik.

Dalam kedokteran Barat, penyakit yang tergolong ke dalam Bi / Rematik antara lain Rematik Arthritis, Gout, Radiculitis dan lain – lain.

Para ahli pada jaman dahulu telah melakukan observasi dan penyelidikan yang mendalam terhadap penyakit ini. Dalam buku Nei Jing tercatat gejala, penyebab, mekanisme terjadi serta berbagai cara pengobatan penyakit ini.

Penyebab terjadinya penyakit Rematik

1. Perubaan cuaca yang drastis dari panas ke dingin,

Menyebabkan orang yang lama bermukim di tempat lembab, atau bekerja di dalam air terserang patogenbersifat dingin, lembab dan angin. Lokasi yang paling sering terserang patogentersebut adalah Jing Luo / meridian, otot dan sendi, dan hal tersebut menyebabkan Qi dan Xue / darah terhambat, hingga terjadi Bi / Rematik.

2. Tubuh berlatar lembab,

Apabila terserang patogenpanas atau tubuh menjadi panas lembab, maka hal tersebut menyebabkan kedua macam patogenmenimbulkan Bi / Rematik bersifat lembab panas.  Dapat juga terjadi diakibatkan oleh terlalu lama menderita Bi / Rematik bersifat angin, dingin dan lembab.

3. Bi / Rematik yang bersifat lembab, dingin atau lembab panas,

Apabila tidak daapt disembuhkan dalam jangka waktu lama, maka hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam patogenantara lain Tan / Dahak dan darah statis dari dalam tubuh, kemudian hal tersebut juga menyebabkan terkurasnya Qi, Xue / darah dan Jing, hingga organ dalam terutara Shen / Ginjal dan Pi / Limpa menjadi lemah. Bi / pegel linu yang menetap di dalam tubuh bersifat Xu / lemah, susah disembuhkan secara tuntas, karena otot, sendi, tulang dan lainnya telah berubah, dan disebut sebagai Wan Bi / Rematik yang menetap.

Pada mulanya penyakit ini menimpa otot, tendon, atau Luo / Meridian, kemudian baru menyerang sendi dan tulang, dan terakhir mungkin menyerang lima Zang.

Aspek – aspek untuk mengidentifikasi Bi / Rematik

  • Perhatikan keadaan kekuatan tubuh dengan pathogen,

Hal tersebut untuk mengidentifikasi Xu dan Shi, sehingga dapat diketahui pihak mana sebagai pemegang peran utama dan peran kedua.

Pada umunya rata – rata penyakit yang sudah diderita dalam jangka waktu lama dan kronis tergolong Xu, sedangkan serangan mendadak dan akut tergolong Shi, namun yang harus diperhatikan adalah kondisi kekuatan tubuh sudah lemah karena terkuras oleh derita sakit yang terus menerus dan lama, sedangkan patogenmasih dalam keadaan kuat.

  • Mengidentifikasi pathogen,

Hal tersebut dapat diidentifikasi dengan memperhatikan gejala klinik dan mendalami sifat pathogen.

  • Memperhatikan lokasi yang terserang,

Penyakit ini kebanyakan menyerang sendi dan anggota badan serta punggung dan pinggang. Perhatikan juga lokasi tepat dimana dimana meridian serta sendi, tendon, kulit, otot dan nadi yang terserang penyakit. Demikian juga apabila sudah menyerang Zang Fu, perlu didentifikasi Zang Fu yang terserangnya.

Tujuan dari mengidentifikasi untuk mendapatkan data yang menyeluruh dan dapat menegakkan diagnosis yang tepat, sehingga pengobatannya lebih terarah.

sumber bacaan :

Ilmu Terapi Akupunktur Jilid 1. Sim Kie Jie. TCM Publication, Singapore, 2008.