Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu’alaykum warohmatullohi wabarokaatuh

Segala puji bagi Allah, Rabb sekalian makhluk. Semoga shalawat dan salam terlimpahkan kepada Nabi yang paling mulia, penutup para Nabi, Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam, kepada sanak keluarga, dan para sahabat beliau. Amma ba’du

Penyakit ada dua macam. Penyakit jasmani dan penyakit rohani. Berkenaan dengan penyakit jasmani, Allah berfirman :

“Tidak ada halangan bagi orang buta, tidak (pula) bagi orang pincang, tidak (pula) bagi orang sakit”  QS. An-Nur : 61

Yang berkaitan dengan penyakit jasmani pengobatannya ada tiga : yaitu menjaga kesehatan, menjaga tubuh dari unsur-unsur yang berbahaya, dan mengeluarkan unsur-unsur yang berbahaya itu dari tubuh.

Yang kedua adalah penyakit rohani (jiwa/hati). Sebenarnya penyakit ini akumulasi dari berbagai penyakit yang banyak sekali jenisnya. Penyakit hati sendiri terbagi menjadi dua, yaitu penyakit syahwat dan penyakit syubhat. Salah satu penyakit hati seperti ; Ujub, Riya’, takabbur, sombong, iri hati, dendam dan sebagainya.

“Kesembuhan bisa diperoleh dengan tiga cara : Dengan meminum madu, dengan pembekaman, dengan al-kayy (besi panas), dan aku melarang umatku (menggunakan) pengobatan dengan besi panas” (dikeluarkan oleh Ibnu Majah, Ahmad dan Al-Bazzar)

Jazakumullohu khoiron katsiron saya ucapkan untuk guru-guru Terapist saya (Ibu Aat Nurhayati, Ibu Ida Lebah, Ibu Lilis Yuniar, Bapak Aris Abu Hamza, Bapak Avip V. Wiharta, Bapak Ridwan Herba, Bapak Tinggal Guharto, dll) yang Subhanalloh dengan ilmunya saya bisa membantu keluarga saya minimalnya dan orang-orang disekitar saya.

Dengan adanya blog ini saya harapkan dapat memberikan kemudahan bagi sahabat semua untuk mendapatkan pencerahan mengenai Thibbun Nabawi serta berbagai macam ilmu terapi lainnya.

Isi dari blog saya ada diambil dari beberapa sumber, antara lain dari blog teman-teman dan juga berupa tulisan saya yang di ambil dari berbagai buku dan sumber.. juga berdasarkan pengetahuan yang saya dapatkan.

Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika banyak sekali kekurangan dan kekeliruan mohon untuk di beritahukan, sehingga saya bisa memperbaikinya.

Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh

“Semua Ilmu milik Allah bagi siapa saja yang ingin share silahkan..semoga bermanfaat”