Di dalam racun lebah (bee venom) terdapat berbagai zat yang bermanfaat.  Racun lebah memiliki kandungan biologi yang kompleks dan sangat efektif untuk menjaga kesehatan badan , meningkatkan daya tahan tubuh juga untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.


Kandungan racun lebah (bee venom)

Racun lebah terdiri atas beberapa unsure protein, mineral-mineral seperti magnesium, sulfur, juga zat sisa pembakaram seperti tembaga dan kalsium. Disamping itu mengandung gabungan acid hidrokolik, formic, artofosforik,kolisin, histamine,triphtopan dan phosphate. Juga mengandung minyak yang menyebabkan efek rasa sakit ketika di sengatkan. Minyak ini tidak ada bedanya dengan protein yang disuntikkan ke tubuh.

 

Manfaat sengat lebah

Sengat lebah sangat bermanfaat  untuk pengobatan:

1.   Reumatik, nyeri sendi dan otot

2.   Penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah

3.   Keluhan pada saraf-saraf wajah, motorik dan sensorik

4.   Penyakit-penyakit metabolic ; seperti asam urat, diabetes, kolesterol

5.   Keluhan pada system pernafasan dan pencernaan

6.   Mengatasi sakit pada penglihatan dan pendengaran

7.   Mengatasi masalah reproduksi

8.   Mengobati penyakit kanker dan tumor

Hal yang harus di perhatikan ketika terapi sengat lebah

Sengat lebah tidak dapat dilakukan pada sembarang pasien. Tergantung kondisi pasien. Kondisi pasien yang defisiensi tidak dianjurkan untuk terapi sengat lebah, akan tetapi dianjurkan untuk mejalani terapi yang lain terlebih dahulu sampai kondisi tubuhnya kuat untuk menerima racun lebah.

1.   Tempat yang akan di sengat hendaknya di bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat

2.   Sengatan dilakukan secara bertahap pada tiap-tiap fase terapi

3.   Tahap selanjutnya dosis sengat lebah bisa ditingkatkan

4.   Sengatan dilakukan pada bagian-bagian tubuh yang berbeda-beda

5.   setelah menghilangkan sengat lebah, titik local yang disengat hendaknya di olesi dengan minyak. Bisa minyak apa saja yang efeknya tahan lama. Tapi lebih baiknya lagi di oleskan madu.

Efek setelah terapi sengat lebah

Efek yang dirasakan setelah terapi sengat lebah berbeda-beda pada tiap individu. Ada yang ketika sengatan pertama sudah merasakan efek dari sengat lebah. Ada juga yang terapi tahap ke dua atau ke tiga baru dirasakan efeknya. Setelah terapi sengat lebah tubuh kita biasanya akan merasakan gatal pada titik local (titik yang disengat lebah), bengkak (karena darah terakumulasi pada titik tersebut), demam, mual dan muntah, bahkan pingsan.

Tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal seperti ini, insya Allah akan segera membaik. Untuk menetralisirnya sebaiknya minum air madu. Tapi jika timbul reaksi gatal pada seluruh tubuh bisa di bantu dengan meminum air kelapa muda dan mandi dengan air dingin. Jangan takut untuk melakukan terapi sengat lebah, manfaatnya sungguh luar biasa.

“MAHA SUCI ALLAH YANG MENCIPTAKAN SEGALA SESUATU TANPA SIA-SIA, SAMPAI-SAMPAI DARI LEBAH TIADA SATUPUN YANG TIDAK DAPAT DI AMBIL FAEDAHNYA OLEH MANUSIA”

“MAKA, NIKMAT RABB MU YANG MANAKAH YANG KAU DUSTAKAN?”

Sumber dari buku :

Silsilah Ath-Thibbun Nabawi bab Shaidaliyatun Nahni Al-qur’aniyyah,

Penulis Muhammad Mahmud Abdullah

Dengan penambahan by evialfadhl

Advertisements