Kista bisa jadi sudah ada sejak masih bayi. Ada juga yang tumbuhnya belakangan, seperti kista endometriosis yang merupakan gangguan hormonal dan gangguan pada system kekebalan tubuh. Pada kista endometriosis sering kali disebabkan oleh faktor makanan dan pola makan yang tidak baik. Misalkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, pola makan tidak teratur dan terlalu banyak jajan.

Gejala kista beraneka ragam, tiap individu berbeda-beda. Tergantung jenis kista yang diderita. Misalkan untuk kista endometriosis biasanya ditandai dengan gejala nyeri ketika haid, nyeri ketika buang air besar, dan jika sudah menikah terjadi nyeri ketika berhubungan badan.

Untuk kista jenis lainnya biasanya mengalami gejala perut terasa penuh, kembung, susah buang air besar, sering buang angin. Kalau kista membesar, perut juga biasanya membesar.

Tidak semua penderita kista tidak dapat hamil. Ada sebagian wanita yang memiliki kista tetapi masih dapat hamil. Semuanya tergantung pada jenis kista yang dialami. Jika kista terdapat pada kedua indung telur (ovarium) maka kecil kemungkinan untuk bisa hamil. Tapi jika kista hanya pada salah satu indung telur kemungkinan untuk hamil masih ada. Karena ovarium yang satunya tidak terganggu dengan kista.

Kesehatan ibu dan janin tidak akan terganggu meski ada kista, kecuali jika kistanya kista ganas. Seperti jenis kista mesinosum (Serosum) yang ikut membesar ketika hamil dan biasanya dapat menyebabkan keguguran. Karena besarnya kista dapat mengganggu kehamilan.

Kista disebabkan oleh :

1.       Sering mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar lemaknya dan kurang akan serat

2.       Adanya zat-zat tambahan dalam makanan, seperti MSG, pewarna, pengawet dll.

3.       Kurang olahraga

4.       Suka merokok dan mengkonsumsi alkohol (penulis : hukumnya HAROM)

5.       Terpapar dengan polusi, radiasi dan karsinogen

6.       Adanya tekanan, depresi dan tingkat stress yang tinggi

7.       Adanya faktor genetic

Waspadai gejala kista :

1.       Sering merasa sakit pada abdominal

2.       Buang air besar dan buang air kecil yang tidak lancar

3.       Abdomen membuncit

4.       Adanya gangguan pada nafsu makan

5.       Adanya gangguan pada lambung dan pernafasan

6.       Haid tidak teratur dan sakit

7.       Gangguan pada berat badan

Meski tidak semuanya yang diatas itu merupakan gejala kista tapi pada sebagian besarnya seperti demikian. Ada baiknya kita mulai waspada dan memulai pola hidup yang sehat, alami, seimbang dan teratur.

Tips mencegah kista :

1.       Batasi mengkonsumsi makanan berlemak dan makanan yang sulit dicerna

2.       Penuhi kebutuhan serat dan air minum

3.       Makan dan minum yang halalan thoyyiban

4.       Olahraga teratur

5.       Tenangkan hati dan fikiran serta jauhi depresi dan stress

6.       Bertaqwa dan bersyukur kepada Allah

7.       Jauhi segala penyakit hati

Musibah apapun yang menimpa kita itu adalah karena dosa dan kesalahan kita. Maka kita harus kembali pada-NYA. Semuanya milik Allah, termasuk raga kita.

Advertisements